Muslim in Suffer

Bismi-lLahi-rRahmani-rRahiem. Assalamu\’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh!

KAPAN RASULULLAH MUHAMMAD SAW LAHIR?

Posted by musliminsuffer on March 13, 2009

bismi-lLahi-rRahmani-rRahiem
In the Name of Allah, the Compassionate, the Merciful

=== News Update ===

From: “alkattani” <alkattani1@gmail.com>

Subject: [INSISTS] Kapan Muhammad SAW Lahir? (dan tanggapan saya)

KAPAN RASULULLAH MUHAMMAD SAW LAHIR?

Berikut celoteh Abdul Moqsith Ghazali tentang hari, tanggal, dan tahun kelahiran Rasulullah saw. di Facebook.

Tulisan Moqsith ini secara jurnalistik cukup menarik. Namun secara akademis menunjukkan suatu “kemalasan” tersendiri pada diri penulisnya.

——————–

Kapan Muhammad SAW Lahir? Ala Abd. Moqsith Ghazali (JIL) di Facebook-nya.

Nabi Muhammad SAW adalah pusat keteladanan. Segala ucapan dan tindakannya menjadi rujukan umat Islam, dulu dan sekarang. Haditsnya menjadi sumber hukum (mashdar al-hukm) kedua setelah Alquran. Begitu tinggi kedudukan Muhammad di hadapan umat Islam, maka momen-momen penting dalam kehidupannya selalu dikenang, dirayakan, dan diperingati. Mulai dari kelahirannya, pengangkatannya sebagai nabi, pendakian spiritualnya yang tak tepermanai berupa isra’-mi`raj hingga migrasinya dari Mekah ke Madinah. Berbeda dengan kematian yang merupakan pertanda kesementaraan manusia dan juga keterbatasan seorang nabi, maka kelahiran Nabi Muhammad dianggap sebagai pertanda kehidupan baru, perubahan sosial. Itu sebabnya, jika waktu kelahirannya dirayakan, maka saat kematiannya tidak. Perihal kelahirannya, sebagian umat Islam percaya bahwa Nabi Muhammad lahir pada Senin pagi menjelang subuh, 12 Rabiul Awal Tahun Gajah (`am al-fil). Disebut begitu karena bertepatan dengan tahun penyerangan “Pasukan Gajah” pimpinan Abrahah (Gubernur Abisinia) ke Kabah.

Namun, dengan merujuk pada buku-buku sejarah, kita akan mengerti bahwa tak ada kepastian tentang jam, hari, tanggal dan bulan kelahiran Muhammad SAW. Dalam al-Bidayah wa al-Nihayah (Juz II, 260-267), Ibnu Katsir menjelaskan keanekaragaman pandangan para ulama tentang kelahiran Nabi. Husain Haikal juga menjelaskan pluralitas pendapat tersebut dalam Hayat Muhammad (hlm. 102). Mengenai tahun kelahirannya misalnya terdapat beberapa pendapat. Menurut Ibnu Abbas, Muhammad lahir pada Tahun Gajah itu. Yang lain berpendapat, kelahirannya lima belas tahun sebelum peritiwa penyerangan Kabah itu. Ada yang memperkirakan beberapa hari (satu bulan, empat puluh hari, lima puluh hari), beberapa bulan, bahkan beberapa tahun setelah Tahun Gajah. Menurut Abi Ja`far al-Baqir, Muhammad lahir 55 hari setelah peristiwa pasukan bergajah itu. Yang lain menghitung sepuluh tahun, dua puluh tiga tahun, tiga puluh tahun hingga tujuh puluh tahun setelah Tahun Gajah. Abu Zakaria al-Ajalani berpendapat,  Muhammad lahir empat puluh tahun setelah Tahun Gajah.

Begitu juga tentang bulan dan tanggal kelahirannya. Sebagian ulama berpendapat, Muhammad lahir pada bulan Rabiul Awal. Yang lain berpendapat, bulan Muharram, Safar, Rajab. Ibnu Abdil Birri mengutip pendapat al-Zubair ibn Bikar bahwa Nabi Muhammad lahir pada tanggal 12 Ramadan. Sementara tanggal kelahirannya diperkirakan sebagian ulama jatuh pada tanggal 2, 9, 17 Rabiul Awal. Ibnu Hazm berpendapat, kelahiran Muhammad jatuh pada 8 Rabiul Awal. Ibnu Ishaq berpendapat pada tanggal 12 Rabiul Awal. Ulama pun berbeda pendapat, tentang waktu kelahirannya; siang atau malam. Satu ulama berpendapat siang, yang lain mengatakan malam. Begitu juga dengan hari kelahirannya. Ada yang berpendapat Senin. Yang lain berpendapat Jumat. Seorang sahabat Nabi, Ibnu Abbas, berpendapat bahwa Nabi Muhammad lahir pada hari Senin, 18 Rabiul Awal.

Artikel ini hendak menegaskan bahwa di kalangan ulama Islam klasik sendiri tak ada konsensus (ijma`) tentang waktu kelahiran Nabi Muhammad. Ini terjadi karena tak ada tradisi pencatatan waktu kelahiran seorang bayi saat itu. Baik ibunda maupun kakek Nabi tak mencatat kelahiran anak atau cucunya itu sehingga wajar kalau terjadi kesimpangsiuran waktu kelahiran Muhammad. Jelas, ketepatan dan kepersisan tanggal kelahiran seorang tokoh sekian ribu tahun lalu tak mudah ditunaikan. Tak ada kepastian tentang waktu kelahiran Nabi Isa, Nabi Musa, apalagi Nabi Ibrahim lalu Nabi Adam. Semua tanggal dan tahun kelahiran mereka ditentukan kemudian, berdasar asumsi dan prakiraan dan akhirnya membentuk keimanan. Lalu siapa sesungguhnya yang lahir di Mekah pada Senin 12 Rabiul Awal 1500 tahun lalu itu?

Kita tak tahu. Namun, karena di Indonesia sudah mentradisi, secara sosio-kultural saya tetap perlu mengucapkan selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad 12 Rabiul Awal 1430 H.

Komentar Abdul Hayyie al Kattani atas tulisan Abdul Moqsith

Tulisan ini secara jurnalistik cukup menarik. Namun secara akademis menunjukkan suatu “kemalasan” tersendiri pada diri penulisnya.

Mengapa?

Karena Cak Muqsith hanya berhenti pada pemaparan ragam pendapat yang berbeda tentang tahun dan tanggal kelahiran Rasul saw. Sambil mengandaikan semua pendapat yang beragam itu mempunyai kekuatan yang sama. Akibatnya jadi timbul kebingungan, pendapat mana yang dipegang. Padahal sudah menjadi kebiasaan terdapatnya keragaman pendapat seperti ini dalam bidang apa pun dalam Islam. Dan sudah menjadi tekad para ulama untuk memaparkan semua pendapat seperti itu, karena ada amanah ilmiah untuk tidak menyembunyikan ilmu.

Pada dasarnya, para ulama kemudian menilai, menimbang dan mengkomparasikan semua pendapat tersebut sesuai dengan ilmu yang ada, seperti ilmu fiqh, ushul, kalam maupun ilmu hadits.

Nah jika kita menghilangkan sifat malas sedikit saja, niscaya dengan ilmu hadits semua kerancuan dan silang pendapat tentang kelahiran Rasulullah saw itu akan bisa dituntaskan.

Bagaimana?

Hari kelahiran:

Menurut sumber yang sahih, beliau lahir pada hari Senin. Lihat: Sahih Muslim 8/52, Sunan Abu Daud 2/808-809, Musnad Ahmad 5/297,299. Jika ada sumber yang sahih seperti ini, otomatis pernyataan dari sumber-sumber yang non sahih tidak layak tayang. Berapapun banyaknya pendapat tersebut.

Tahun kelahiran:

Menurut pendapat YANG TERKUAT, beliau lahir pada tahun gajah. Kekuatan pendapat ini didukung oleh:

  1. Riwayat Hakim dalam Mustadraknya 2/603, dengan sanadnya dari Ibnu Abbas. Dalam sanad ini ada ‘illat tadlis pada Abi Ishaq as Subai’i.
  2. Riwayat Ibn Hisyam dalam Sirah 2/155, dengan sanadnya dari Qais bin Makhramah. Dalam sanad ini ada Abdullah bin Qais bin Makhramah, yang riwayatnya dinilai maqbul.

Nah kedua riwayat ini bersifat saling menguatkan. Sehingga riwayat yang dikandung keduanya naik derajatnya menjadi hasan lighairihi

Dengan adanya riwayat yang hasan ini, maka riwayat-riwayat lain yang lebih rendah darinya tentu harus dicampakkan.Berapapun banyaknya riwayat tersebut, dan siapa pun namanya yang tercantum dalam riwayat tersebut.

Pengarang Tarikh Khalifah mengatakan pendapat ini adalah pendapat yang disepakati para ulama. Sedangkan pendapat yang lain, semuanya lemah.

Tanggal dan bulan kelahiran:

Ada beberapa pendapat yang berbeda tentang hal ini, antara lain:

  1. Ibnu Ishaq mengatakan beliau lahir pada tanggal 12 Rabi’ul Awwal. (lihat: Sirah Ibn Hisyam 1/171)
  2. Al Waqidi mengatakan beliau lahir pada tanggal 10 Rabi’ul Awwal. (lihat: Thabaqat Ibn Sa’d 1/100-101). Dgn catatan: Al Waqidi ini pengarang dalam Maghaazi (sejarah perang dalam Islam), tapi pendapatnya tidak mempunya bobot (matruk) dalam bidang hadits.
  3. Abu Ma’syar as Sindy mengatakan beliau lahir tanggal 2 Rabi’ul Awwal. (Thabaqat ibn Sa’d: 1/101). Dengan catatan; Abu Ma’syar ini juga pengarang yang hebat dalam bidang Maghazi (sejarah perang) tapi lemah dalam periwayatan hadits.

Maka pendapat Ibn Ishaq menjadi pendapat yang terkuat dalam masalah ini.

Wassalam,
Abdul Hayyie al Kattani

===

-muslim voice-
______________________________________
BECAUSE YOU HAVE THE RIGHT TO KNOW

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: